Senin, 10 Juli 2017

Punya Prinsip, Nggak?

Bismillah...

Alhamdulillah, aku dikelilingi oleh orang-orang baik dengan pikiran yang sangat keren. Mungkin ini alasan kenapa aku bangun kesiangan, biar siangnya bisa ketemu orang-orang keren dan malemnya bisa tetep melek untuk ngobrol sama orang-orang keren. Hehehe.

Aku selalu kagum sama orang-orang berprinsip. Dan untuk prinsipnya, mereka rela meninggalkan kesenangan yang mungkin nggak akan didapat dari prinsipnya. Orang-orang kayak gitu selalu punya cara untuk bertahan dan survive.

Sayangnya, banyak juga orang di luar sana yang menilai sebuah prinsip hanya sebatas materi aja. Aku belum pernah tau sih gimana rasanya. Mungkin awalnya mereka punya idealis yang tinggi trus dihadapkan dengan realita yang jauh beda akhirnya lepas sama idealisnya atau juga bisa idealisnya kurang kuat, keduanya pasti berdampak buat orang lain.

Kadang aku bingung, gimana seorang pemimpin yang pastinya punya prinsip melakukan kecurangan pada rakyatnya? Maksudku, untuk menjadi seorang pemimpin nggak bisa dong cuma modal pengen aja. Pasti punya tujuan, terlepas dari apapun tujuan itu, masa iya nggak ada tujuan untuk menyejahterakan rakyatnya?

Bagiku, memegang prinsip adalah keharusan -- selama prinsip itu baik dan tidak bertentangan dengan agama. Masalah apa yang akan menimpa ketika prinsip kita berbeda dengan realita adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi -- mau seberat apapun tantangan itu. Karena menurutku, memegang prinsip merupakan bagian dari ketaqwaan.

Mungkin saking beratnya tantangan mempertahankan prinsip bakal bikin kita jatuh, dijauhi, disakiti, atau bahkan dibenci. Tapi jangan pernah berhenti. Karena Allah nggak akan membiarkan kita sendiri. Kalo kita nggak bisa menikmati hasil memperjuangkan prinsip kita di dunia, masih ada akhirat yang jauh lebih kekal.

Mungkin kita bakal berjuang sendiri untuk menegakkan prinsip dan bertahan menjadi baik sendiri. Tapi jangan pernah behenti mendoakan. Kita nggak akan pernah tau kapan pintu hati seseorang terbuka untuk menerima hidayah, barangkali dengan doa kita bisa membantunya.

Yang penting jangan menyerah, jangan pernah.

Nggak ada suatu yang baik diperoleh dari jalan yang nggak baik. Untuk segala proses baik yang sudah dilewati, jangan pernah berpikir itu sia-sia hanya karena masalah yang datang.

Naaah inget Allah Maha Mengetahui. Untuk apapun yang telah terjadi, pasti ada hikmah yang tersembunyi di baliknya. Setiap berkah adalah ujian dan setiap ujian adalah berkah. Jadi untuk teman-teman dengan prinsip hebatnya di luar sana, pertahankan. Nggak perlu takut untuk menolak, nggak perlu takut untuk menentang. Kan ada Allah:)


Tidak ada komentar: